Tips Berlatih Memotret Setiap Hari

Kunci untuk belajar fotografi adalah berlatih. Memotretlah setiap hari. Hanya, kadang-kadang, kita bingung bagaimana berlatih setiap hari dan apa yang harus dipotret? Ini ada beberapa tips untuk kamu yang ingin belajar memotret setiap hari:

Selalu Bawa Kamera Kemanapun Kamu Pergi

Tidak harus dSLR, tentunya, karena tidak praktis. Dengan teknologi yang tersedia sekarang, kamera ponsel pun sudah cukup memadai untuk digunakan memotret setiap hari. Apalagi dengan adanya begitu banyak social media khusus fotografi seperti Flickr, Instagram, PicsArt, Stream Zoo dan banyak lagi. Kapanpun ada sesuatu yang menarik, jepret! Tidak usah kuatir tentang kamera apa yang kamu gunakan, yang penting kamu melatih mata kamu setiap hari dan akhirnya akan terbiasa mengatur komposisi, melihat  gelap dan terang, mencari prioritas fokus, dan seterusnya.

Cobalah Semua Genre Fotografi

Kamu tidak akan tahu apa yang paling nyaman buatmu sampai kamu mencoba semua. Jangan terpaku pada satu kategori saja. Kalau kamu sedang berjalan-jalan, cobalah street photography. Kalau ada teman yang baru punya anak, cobalah buat foto-foto newborn, ada teman yang suka difoto cobalah berlatih membuat portrait. Kalau sedang di rumah, cobalah memotret still life atau food photography. Kemungkinannya tanpa batas, kan? Tidak ada alasan untuk tidak punya objek foto.

Memotret Satu Objek Dalam Banyak Cara

Memahami teknik fotografi akan lebih mudah jika kamu langsung mencobanya. Untuk ini, cobalah memotret satu benda dengan menerapkan berbagai teknik. Gunakan shutter speed yang berbeda, DoF yang berlainan, dari berbagai sudut, dengan properti  dan lighting yang bermacam-macam. Berlatih seperti ini setiap hari akan dengan cepat membantu  kamu meningkatkan kemampuan teknis fotografi.

Jadikan Memotret Sebagai Rutinitas

Seperti juga semua hal yang kamu lakukan setiap hari, memotret juga bisa jadi rutinitas. Selalu sediakan waktu untuk berlatih. Beberapa fotografer yang juga bekerja kantoran punya kebiasaan “lunch photography”, dimana mereka menggunakan waktu istirahat makan siang mereka untuk keluar kantor dan memotret apa yang mereka lihat siang itu. Pelan-pelan, ini akan jadi latihan fotografi harian.

Kamu juga bisa mencoba beberapa “tantangan fotografi” yang ada di internet. Yang paling umum adalah 365 Days Challenge, sebuah proyek fotografi harian yang mengharuskan kamu memotret diri sendiri (ada juga yang menggunakan tema lain seperti langit, arsitektur, dsb.) setiap hari selama satu tahun penuh. Wow. Saya pernah mencoba tantangan ini dan ternyata sangat menyenangkan dan saya sukses menyelesaikannya! Dari challenge itu saya belajar banyak sekali tentang fotografi. Ada juga 30-Days Challenge yang dilakukan di awal suatu bulan tertentu dengan 30 tema berbeda setiap hari. Kamu bisa coba dengan memasukkan keyword  “30 days photography challenge” di image search Google, dan akan muncul banyak sekali daftar yang bisa kamu gunakan.

daftar tema fotografi harian yang pernah saya buat dan selesaikan. kamu bisa pakai juga kalau suka :)

daftar tema fotografi harian yang pernah saya buat dan selesaikan. kamu bisa pakai juga kalau suka :)

Jadi, sebenarnya bisa kan setiap hari berlatih memotret? Trust me, it’s going to be fun!

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus