Tutorial Photoshop : Melembutkan & Mempertajam Foto Dengan Filter High Pass (Basic)

High Pass Filter mungkin bagian dari Photoshop yang belum banyak digunakan oleh pengguna pemula program ini. Untuk menajamkan, biasanya lebih dipilih Sharpen, dan untuk melembutkan ada Blur. Tapi, bila dikenali lagi, High Pass Filter bisa melakukan pekerjaan dua filter lainnya (Sharpen dan Blur) dengan lebih cepat dan efektif.

Mempertajam

1. Buka foto di Photoshop

hipassoriginal1

Kebanyakan kamera dilengkapi dengan Anti-Aliasing Filter (AA Filter) yang melembutkan tampilan akhir pada foto. Seperti pada contoh yang saya gunakan, meskipun memang akan banyak blur pada foto close-up semacam ini, tapi bisa dilihat pola pada cangkir dan pinggiran pegangannya tidak benar-benar tajam.

2. Duplicate Layer

hipass1

Pada window Layers, klik kanan layer background lalu pilih ‘duplicate layer’.

3. High Pass Filter

hipass2-1

Pada layer ‘Background Copy’, masukkan filter melalui Filter > Other > High Pass. Kamu bisa masukkan angka sesuai ketajaman yang ingin kamu dapat. Semakin besar angkanya, semakin tajam hasil akhirnya. Pada foto ini saya gunakan 7.0. Setelah mendapat pengaturan yang pas, klik OK.

4. Atur Saturation

hipass3

Masih di layer ‘Background Copy’, atur saturation melalui Image > Adjustment > Hue and Saturation. Geser slider saturation ke -100 untuk mencegah munculnya tumpukan warna pada hasil akhir. Tampak pada preview foto akan kelihatan greyscale. Klik OK.

5. Ganti Blending Mode

hipass4

Sekarang, masih di layer yang sama, ganti Blending Mode ke ‘Soft Light’ dan kamu sudah bisa melihat hasil akhirnya. Satukan dua layer melalyu Layer > Flatten Image, dan selesai!

hipasscompare1

Hasilnya memang tidak mencolok seperti kalau kamu menggunakan Sharpen. Tapi bisa dicoba untuk pilihan :)

Melembutkan

1. Buka foto di Photoshop

hipassoriginal2

Teknik ini mungkin akan cocok digunakan pada portrait dibandingkan objek lain. Saya menggunakan stock photo diatas untuk memperbaiki penampilan kulitnya.

2. Duplicate Layer

hipass5

Sama seperti untuk mempertajam, duplikasilah foto asli dengan mengklik kanan layer ‘Background’ lalu ‘Duplicate Layer’.

3. High Pass Filter

hipass6

Pada layer ‘Background Copy’, tambahkan filter melalui Filter > Other > High Pass. Kebalikan dari teknik sebelumnya, pada teknik ini semakin besar angka pada filter, semakin lembut hasil akhirnya. Saya memasukkan angka 30, ini akan sangat tergantung pada foto yang kamu proses. Klik OK.

4. Invert

hipass7

Setelah filter diaplikasikan, balik efeknya melalui Image > Adjustment > Invert. Kamu akan mendapat tampilan seperti negatif, seperti pada contoh diatas.

5. Ganti Blending Mode

hipass8

Sekarang, ganti blending mode pada layer ‘Background Copy’ ke ‘Soft Light’ dan fotomu akan berubah drastis. Efek lembutnya sudah muncul sekarang. Tapi masih belum selesai.

6. Hapus

hipass9

Kalau kamu mengaplikasikan filter ini pada portrait, akan ada bagian-bagian yang seharusnya tetap tajam. Seperti mata, bibir, dan sebagainya. Untuk itu, kita akan menghapus beberapa bagian dari layer ini. Pertama, tambahkan ‘Layer Mask’ (tombol kotak dengan lingkaran di tengahnya). Lalu pilih soft brush yang ukurannya disesuaikan dengan bagian yang akan kamu hapus. Mulailah mengusap pada bagian foto yang akan dibuat tajam. Pada foto ini saya menghapus bagian mata, hidung, dan bibir (bisa dilihat pada layer mask).

7. Selesai

hipasscompare2

Sekarang kamu tinggal menyatukan kedua layer melalui Layer > Flatten Image, dan selesai sudah :)

Kalau kamu mau coba touch-up portrait dengan filter Gaussian Blur, kamu bisa baca tutorial yang ini.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus