Tutorial Photoshop : Memperbaiki Tampilan Kulit (Basic)

Sudah pernah foto di studio? Ketika menerima hasilnya, kamu mungkin terkagum-kagum melihat betapa bagusnya kulitmu di foto itu. Noda-noda hilang, tidak ada muka berminyak, warna kulit merata, dan seterusnya. Sebenarnya, kamu juga bisa melakukan editing mudah ini di rumah. Buat portrait sendiri, touch-up sendiri, dan kamu bisa mendapatkan foto setara buatan studio. Cuma perlu program editor foto, dan yang saya gunakan adalah Photoshop. Ada banyak metode untuk melakukan touch-up, tapi kali ini akan saya gunakan yang paling mudah.

1. Buka foto di Photoshop

touchup1

Saya menggunakan stock photo dari Kozzi.com. Kamu mungkin akan langsung memperhatikan bahwa ada sedikit kerut di bawah mata yang membuatnya kelihatan lelah, garis senyum yang jelas, dan kulitnya tampak berkilau dan memberi kesan berminyak.

2. Gunakan Quick Mask

touchup2

Setelah foto terbuka, gunakan ‘Quick Mask’ yang bisa kamu temukan di bagian bawah tools. Setelah itu pilih ‘brush tool’. Saya menggunakan soft brush ukuran 31 (tergantung luasnya area pada foto yang kamu kerjakan). Lalu, mulailah memilih bagian mana yang kamu anggap perlu perbaikan pada foto dengan menggunakan brush tadi. Nantinya akan tampak seperti foto di atas, bagian yang dipilih akan berwarna merah. Tips: jangan menutup seluruh area wajah, terutama alis, kelopak mata, pinggiran rambut, lesung pipi dan tepian hidung agar hasil akhirnya tidak seperti topeng nantinya.

3. Gaussian Blur

touchup4

Setelah yakin seluruh bagian wajah yang akan di-touch up sudah terpilih, keluarlah dari ‘Quick Mask’ dengan mengklik tombolnya sekali lagi. Nanti bagian yang di-brush tadi akan keluar dari selection. Sebelum melakukan touch-up, kamu harus lebih dulu ‘Invert Selection (Ctrl + I)’. Setelah itu gunakan filter Gaussian Blur untuk me-lembutkan bagian kulit yang dipilih tadi. Ini akan menghilangkan kesan berminyak dan kerutan. Tips: Perhatikan jendela preview, jangan menggerakkan slider berlebihan agar hasilnya tetap natural. Setelah puas, klik OK, lalu ‘Deselect (Ctrl +D)’.

4. Curve Tool

touchup6

Sekarang, kulit sudah tampak lebih bersih dan halus. Tinggal kita perbaiki tone-nya. Untuk ini, seleramu yang menentukan. Saya menarik garis kurva jadi seperti di atas untuk menghangatkan warna kulit dan memunculkan rona pada bagian-bagian shadow. Tapi ini terserah kamu. Bermain-mainlah dengan curve sampai kamu dapat hasil yang diinginkan.

5. Selesai!

final

Ta-daa! Selesai sudah touch-up cepat kita untuk kulit. Mudah kan? Ini adalah editing dasar, yang berarti masih ada banyak touch-up lanjutan untuk tingkat mahir yang melibatkan lebih banyak tools dan penyesuaian. Semoga tutorial ini bermanfaat, dan selamat mencoba :)

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus