Vignette? Apa Itu?

Vignette ada dimana-mana di dunia fotografi sekarang dengan banyak sebab. Kamu pasti sudah sering melihatnya di foto-foto bahkan mungkin sudah menggunakannya. Buat yang belum, saya akan ulas di artikel ini.

vignette

Apa itu vignette?

Vignette adalah efek yang muncul di pinggiran foto yang tampak gelap bila dibandingkan dengan bagian tengah. Bisa langsung berupa bayangan tebal atau tergradasi dari yang tipis, pekat atau lembut, tergantung pada jenis vignette-nya.

Efek ini bisa jadi sesuatu yang menguatkan sebuh foto atau malah merusak. Vignette bisa menarik perhatian pada bagian tengah foto, cocok untuk objek semacam portrait, tapi juga bisa membuat sebuah foto terasa berlebihan atau kehilangan kualitas foto karena bagian tepinya.

Jadi, baik ditambahkan secara sengaja atau tidak, efek vignette penting untuk dipahami jenis-jenisnya dan penyebab munculnya dalam sebuah foto.

Vignette mekanis

Ini adalah vignette yang muncul karena sesuatu yang dipasang di pipa lensa sehingga menghalangi cahaya yang masuk. Ini bisa disebabkan oleh pembuatan dan rancangan lensa yang buruk, tapi tidak selalu. Vignette mekanis juga bisa terjadi karena kesalahan pengguna kamera karena pemasangan lens hood yang salah dan tidak sejajar, atau karena menumpuk terlalu banyak filter lensa, atau juga karena sambungan lensa yang buruk dan semacamnya. Ada juga filter lensa yang dibuat untuk secara sengaja menambahkan efek vignette untuk keperluan artistik.

Vignette mekanis bisa menyebabkan gelap total di bagian tepi, dan efek ini biasanya muncul mendadak. Perbaikan untuk vignette semacam ini adalah dengan menurunkan f-stop, yang bisa menghilangkan atau meringankan efeknya, meskipun bukan solusi yang ideal.

Sangat mudah untuk mengetahui apakah vignette mekanis ini jadi masalah atau tidak: lepas semua sambungan lensa dan lihat apakah masih ada efek di tepian foto. Jika masih ada, berarti masalahnya bukan di lensa. Jika hilang, berarti kamu harus memeriksa lagi sambungannya.

Vignette optik

Ini disebabkan oleh tambahan kaca pada lensa, seperti lensa telephoto, macro, wide angle, dan sebagainya. Setiap tambahan kaca lensa akan mempersempit bukaan lensa efektif yang akan membiarkan cahaya masuk. Vignette yang muncul karena sebab ini cenderung lembut dan tergradasi.

Solusinya? Tentu berhati-hati dengan lensa yang kamu beli (baca tentang ini di artikel tentang pemilihan lensa). Lakukanlah riset tentang beberapa lensa dengan hati-hati sebelum kamu membuat pilihan yang mungkin mengecewakan akibat munculnya vignette ini. Juga, pikirkanlah tentang berapa banyak lensa yang kamu tumpuk di kamera. Jangan berlebihan, karena sebagus apapun lensanya, kalau ditumpuk terlalu banyak, kamu bisa saja mendapatkan vignette. Solusi sementara adalah mengurangi f-stop (aperture), sama seperti pada vignette mekanis.

Vignette alami

Yang satu ini berbeda dari dua yang di atas, karena tidak disebabkan oleh terhalangnya cahaya masuk oleh lensa. Tapi karena sensor kamera.

Vignette alami bisa muncul akibat sudut masuknya cahaya yang mengenai sensor, dimana jumlah cahaya yang mengenai pinggiran sensor berkurang dibandingkan dengan pada bagian tengah. Efek ini dan vignette optik, keduanya berkontribusi pada keseluruhan efek yang akan sulit diperbaiki nantinya. Tapi tidak banyak juga yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya. Tapi jangan kuatir, lensa yang dibuat akhir-akhir ini alias lensa modern sudah dilengkapi teknologi untuk mencegah munculnya vignette. Kalaupun ada, akan sangat lembut dan sulit dikenali kecuali oleh mata profesional.

Vignette buatan

Ini, sudah jelas, adalah vignette yang secara sengaja ditambahkan melalui software image editor. Bisa dibuat dalam berbagai warna, meskipun umumnya hitam. Juga dengan tingkat kelembutan yang bermacam tergantung selera fotografer. Semuanya mungkin bila sudah sampai tingkat manipulasi digital. Software juga bisa digunakan baik itu untuk menambahkan atau mengurangi efek vignette yang sudah ada pada foto.

Vignette jenis ini dilakukan oleh fotografer untuk keperluan artistik, biasanya untuk menekankan objek yang ada di bagian tengah. Kita akan bahas tentang cara menambahkan vignette ini nanti di artikel berikutnya.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus