Mengenal Teknik Tilt-Shift Untuk Efek Miniatur

header2

Fotografi tilt-shift dihasilkan dengan teknik yang menggunakan lensa khusus tilt-shift dengan bukaan aperture besar untuk menghasilkan depth of field yang sangat dangkal sehingga pemandangan dalam foto tampak seperti miniatur atau mainan kecil. Efek ini juga bisa dilakukan melalui editing pada saat post-processing.

Tilt Shift - 2nd attempt - Photoshop

© drew_anywhere

Bagaimana Cara Kerja Fotografi Tilt-Shift?

Pada dasarnya ada dua cara untuk menghasilkan efek tilt-shift dalam fotografi. Satu, dengan menggunakan lensa khusus yang memang dirancang untuk efek ini. Lensa semacam ini memungkinkan kontrol untuk mendapatkan depth of field yang tepat sehingga selective focus bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dibandingkan jika menggunakan lensa biasa. Dengan menggunakan lensa khusus ini, kamu bisa dengan mudah mengaburkan sebagian besar fotomu sekaligus mempertahankan fokus yang sempit sebesar pita. Ini akan menghasilkan efek yang sangat menarik dalam foto, dan karena sebagian foto tidak tampak jelas, maka akan diperoleh kesan bahwa bagian yang fokus lebih kecil dari ukuran aslinya.

Lensa tilt-shift cocok untuk efek semacam ini karena bisa mengubah perspektif dari sebuah gambar. Misalnya, memotret garis-garis dari dari ketinggian dengan menggunakan lensa ini akan tetap mempertahankannya tetap paralel sementara lensa biasa akan memberi kesan garis-garis tertarik ke tengah.

Cara lain untuk mendapatkan efek ini, tanpa lensa khusus, adalah menciptakan sendiri depth of field yang dangkal menggunakan image editor seperti Photoshop dan sebagainya. Beberapa kamera juga punya built-in editor yang bisa membuat efek tilt-shift di dalam kamera. Foto yang akan diedit harus diambil dari ketinggian untuk mendapatkan kesan kecil pada objek yang difoto. Sebagian kecil foto harus tertangkap dengan tajam sementara bagian lainnya bisa di-blur. Meskipun hasilnya tidak akan sebagus foto yang diambil langsung menggunakan lensa tilt-shift, tapi bisa jadi awal yang bagus untuk belajar bagi mereka yang tertarik.

Peralatan Untuk Fotografi Tilt-Shift

Kamera SLR apapun bagus untuk tipe fotografi ini tapi lensa tilt-shift lah yang lebih penting. Lensa ini sangat mahal, terutama untuk Canon dan Nikon dan tidak tersedia auto fokus pada lensa jenis ini sehingga harus digunakan dengan manual fokus.

Tilt-shift effect on Corfu City

Corfu City, © Robert Hagen

Bagaimana Cara Membuat Efek Miniatur Tanpa Lensa Khusus?

Dengan menggunakan software semacam Photoshop, kamu bisa membuat efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh lensa tilt-shift. Setelah kamu memotret, kamu bisa menggunakan software untuk memilih bagian mana dari foto yang ingin dibuat fokus, dan mana yang ingin di-blur. Kamu bisa mencoba bagian-bagian yang berbeda dan memilih mana yang paling sesuai untuk memberi kesan miniatur.

Kebanyakan foto miniatur ‘palsu’ yang bisa kamu temukan di internet sebenarnya diambil menggunakan lensa biasa lalu diproses di Photoshop atau software sejenis. Bagaimanapun, tetap ada panduan yang harus diikuti agar kamu bisa menghasilkan efek miniatur yang terbaik. Pertama, kamu harus punya foto yang diambil dari atas. Misalnya dari jembatan, atap gedung, perbukitan, dan semacamnya. Karena ini memungkinkanmu untuk menghasilkan kesan miniatur dengan lebih mudah, terutama jika fotomu melibatkan bangunan dan jalanan.Untuk membuat sebuah pemandangan penuh yang menyerupai miniatur, kamu harus mempertahankan fokus pada bagian tengah foto dan mengaburkan bagian atas dan bawah. Gunakan filter lens blur untuk mendapatkan jenis blur yang sama seperti yang dibuat oleh lensa tilt-shift. Lalu gunakan sharpness gradients untuk mengaburkan foto secara bertahap dari bagian tengah ke atas sehingga hanya ada satu garis fokus di bagian tengah.

Teknik lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat efek miniatur adalah dengan menaikkan kontras pada foto sehingga bagian gelap akan tampak lebih dalam. Ini akan membuat objek menyerupai miniatur karena bayangan yang dalam akan tampak seperti dihasilkan oleh lampu dan bukan matahari.

Beberapa program berikut juga bisa kamu coba untuk membuat efek tilt-shift pada foto: PhotoScape, tiltshiftmaker, dan LunaPic

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus