Tutorial Photoshop: Membuat Efek Dreamy Pada Foto

Tutorial kali in masih berhubungan dengan teknik multiple exposure; jauh lebih sederhana dibandingkan HDR atau penggabungan action shots, tapi hasilnya sangat menyenangkan dan bisa sering diaplikasikan pada foto. Efek yang akan kita buat disebut dreamy, yang akan membuat sebuah foto tampak lebih lembut di bagian tepinya dan berpendar. Cocok untuk digunakan pada foto bunga, still life dengan warna lembut, atau foto-foto produk yang berhubungan dengan bayi dan perempuan.

Secara teknis, efek ini dinamakan focus shift atau perubahan fokus. Hanya dibutuhkan dua foto untuk digabungkan; satu dengan focus yang tajam, dan satu lagi out-of-focus. Mari kita mulai.

  • Sama seperti dua tutorial lainnya, kita perlu mengambil foto yang akan digabung lebih dulu. Juga, untuk mendapat efek ini, kamera harus stabil. Jadi gunakan tripod atau permukaan yang datar dengan objek yang tidak bergerak.
  • Pastikan kamu menggunakan manual focus untuk dua foto ini. Pertama, fokus harus tepat dan tajam pada objek. Foto kedua, putar ring focus sampai didapat foto yang blur.
  • Pindahkan ke computer, dan buka dengan aplikasi Photoshop. Ini dua foto yang akan saya gabungkan:

step8

  • Sekarang pilihlah semua bagian foto yang out-of-focus (Ctrl+A), lalu copy (Ctrl+C). Langkahnya sama seperti pada tutorial action shots.
  • Sekarang pindah ke foto yang focus-nya tajam, lalu paste foto sebelumnya disini (Ctrl+V). Sekarang foto blur menutupi seluruh permukaan. Gantilah layer opacity (layer transparency) sesuai seleramu, kira-kira 53% untuk awal.
  • Sekarang kamu bisa gunakan tool Eraser untuk menghapus bagian foto blur yang menutupi tempat-tempat dimana kamu ingin foto terlihat tajam. Gunakan soft brush.

step7

  • Setelah puas dengan hasilnya, kamu bisa menyatukan dua foto ini dengan Layer>Flatten Image. Dari sini kamu bisa mengedit lebih lanjut hasil akhirnya. Apakah cropping, filter, color curve, dan sebagainya.
  • Selesai.

Ini hasil foto yang saya buat dengan efek focus shift:

final3

Tampak foto yang sudah ditumpuk jadi lebih lembut. Bagian-bagian out-of-focusnya lebih creamy. Saya suka menggunakan efek ini untuk foto-foto close-up dan macro karena bisa menegaskan depth of field yang dangkal dan membuat objek yang terfokus muncul dengan cara yang menarik.

Selamat mencoba dan bereksperimen :)

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus