10 Tips Untuk Menjadi Fotografer Yang Lebih Percaya Diri

vintage camera

Untuk beberapa orang dari kita, hal yang sulit tentang fotografi bukanlah mempelajari teknik memotret dengan baik, tapi lebih tentang menemukan kepercayaan diri akan kemampuan memotret yang dimiliki. Kurangnya rasa percaya diri adalah dilema yang umum di dunia fotografi.

Lalu bagaimana mengatasinya? Sepuluh tips berikut mungkin bisa membantumu untuk mulai keluar dari ‘cangkang’-mu dan percaya bahwa kamu adalah fotogafer yang bagus.

1. Komentar Yang Positif

Komentar dan masukan yang positif untuk foto-foto hasil karyamu dari teman-teman fotografer, baik itu sepermainan atau satu klub fotografi, bisa memberikan pengaruh yang sangat besar bagi cara pandangmu tentang dirimu sebagai seorang fotografer dan kemudian bisa memperbaiki kualitas kepercayaan dirimu.

Tentu saja kita tidak bisa selalu mengandalkan orang lain untuk memberi kita masukan yang positif, tapi meskipun komentar yang kamu dapat adalah komentar negatif, ingatlah bahwa itu juga bisa memotivasi kamu dan tidak perlu dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Ambillah sisi membangun dari setiap kritik dan belajarlah dari situ.

2. Bacalah Tutorial

Sangat mudah untuk merasa kita sudah cukup pintar dan tahu bagaimana cara memotret dengan baik, tapi ini tentunya hal yang sebenarnya merusak. Belajar adalah proses yang berlangsung terus menerus dan akan selalu ada hal baru yang bisa dipelajari tentang fotografi. Bacalah tutorial lalu praktekkan apa yang sudah kamu pelajari dari situ.

3. Ujilah Kemampuanmu

Kalau kamu sudah membaca beberapa tutorial berikut juga buku manual kamera yang kamu gunakan, bukan berarti kamu lalu bisa hafal semuanya. Kamu masih harus mengaplikasikan apa yang sudah kamu baca dan menguji diri sendiri. Meyakinkan diri sendiri tentang kemampuan yang sudah dimiliki tentu akan menambah kepercayaan diri.

4. Bandingkan Foto Lama Dengan Yang Baru

Satu-satunya fotografer yang hasil karyanya harus kamu jadikan tolak ukur adalah dirimu sendiri. Saat kita memotret, teknik dan gaya yang digunakan tentu akan berubah seiring waktu. Sesekali, bandingkanlah foto lama dengan foto baru yang telah kamu buat dan lihatlah seberapa banyak kamu sudah berkembang.

5. Potretlah Teman-Temanmu

Tentunya tidak mudah untuk meminta orang yang tidak dikenal untuk menjadi objek fotomu. Jadi, cara yang lebih mudah dan nyaman adalah mengajak beberapa orang teman yang bersedia menjadi model. Ini bisa sangat membantu untuk memperbaiki teknik dan belajar tentang apa yang kamu inginkan dari sebuah pemotretan sehingga kamu bisa lebih percaya diri jika suatu saat diminta memotret orang lain.

6. Buatlah Target

Kalau kamu benar-benar ingin meningkatkan kemampuan memotret dan kepercayaan diri sebagai seorang fotografer, luangkan waktu untuk memikirkan apa kelemahanmu di bidang ini lalu buatlah tantangan dan target untuk diri sendiri agar kelemahan ini bisa kamu atasi dan ubah menjadi kekuatan.

7. Belajarlah Dari Profesional

Fotografer profesional tidak tiba-tiba dan begitu saja menjadi profesional, tentunya. Mereka juga pernah mengalami masa dimana harus membangun kepercayaan diri hingga ada di tempat mereka berada sekarang. Untungnya, banyak dari mereka yang dengan senang hati mau berbagi pengalaman lewat website, workshop, blog, dan banyak lagi. Pesan dan saran dari mereka tentu akan sangat membantu.

8. Pamerkan Hasil Karyamu

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan melihat foto kita dipajang di ruang publik dan itu bisa memberikan perasaan positif yang kemudian memperbaiki rasa percaya diri. Tanyakan apakah teman-temanmu yang kebetulan punya bisnis semacam rumah makan, distro, butik, dan semacamnya membutuhkan foto yang bisa mereka pasang disana.

9. Cobalah Proyek 365 Atau 52

Proyek fotografi 365 hari dan 52 minggu adalah dua proyek fotografi yang paling populer dibanding lainnya. Proyek ini menantang kamu untuk memotret setiap hari selama 365 hari berturut-turut atau setiap minggu selama satu tahun penuh dan bisa sangat membantu meningkatkan kemampuan fotografi, kepercayaan diri, dan mengumpulkan bahan untuk portfolio dengan cepat.

10. Bergabunglah Dengan Komunitas Fotografi

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan diri sebagai seorang fotografer adalah dengan berkumpul bersama teman-teman sepemikiran, sehobi, dan kamu akan tahu bahwa mereka juga punya pengalaman dan masalah yang mirip dengan yang kamu alami.

Selain berlajar dari pengalaman orang lain, kamu juga bisa membagi pengetahuan fotografi dan saran-saranmu dengan yang lainnya. Dari situ kamu mungkin akan tahu bahwa kamu lebih paham tentang fotografi dibandingkan yang kamu kira selama ini.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus