Manfaat Lens Hood Untuk Kualitas Foto

Setelah pada artikel yang lalu kita melihat pentingnya memasang lens cap, sekarang kita akan bicara tentang aksesori lain yang juga sama pentingnya dengan lens cap, yaitu lens hood. Apa manfaatnya untuk perlindungan lensa dan untuk kualitas foto yang kita ambil?

Untuk Apa Menggunakan Lens Hood?

image

Jika sinar matahari langsung mengenai bagian depan lensa kamera, atau filter apapun yang terpasang, sinar ini bisa terpantul bolak-balik di dalam bagian lensa yang akhirnya menimbulkan flare. Flare akan kelihatan seperti bentuk lingkaran di sepanjang bagian foto yang membuatnya tampak berkabut atau tidak kontras. Cara terbaik untuk menghindari efek ini adalah dengan memasang lens hood. Kadang-kadang efek ini memang sengaja dicari, tapi ada juga saat kita harus menghindarinya.

Lens hood tidak sesederhana lens cap, tapi punya banyak kegunaan. Alasan utama kenapa seorang fotografer membutuhkan lens hood adalah karena aksesori ini bisa memayungi lensa dari sinar matahari langsung saat hari sedang cerah dan panas. Ini akan mengurangi atau bahkan menghilangkan efek lens flare, sekaligus memberikan lapisan perlindungan untuk lensa.

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membeli lens hood adalah ukuran dan bentuknya. Menentukan ukuran dan bentuk yang tepat untuk lensa yang digunakan sangat penting untuk memilih lens hood.

Ukuran

Saat kamu mencari ukuran lens hood, yang panjang dan lebar adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan yang pendek dan sempit. Ini karena, meskipun lens hood bisa mencegah timbulnya efek kabut dari sinar matahari, tapi jika cahayanya terhalang oleh lens hood itu sendiri maka bisa menyebabkan munculnya vignette. Karena itu, saat membeli lens hood, pastikan ukurannya pas.

Ukuran lensa kamera tertulis di badan lensa dan diukur dalam satuan milimeter. Ukuran yang paling umum adalah 35 mm, 50 mm, dan 100 mm. Ada beberapa ukuran hood yang cocok dengan satu ukuran lensa. Misalnya, lens hood 35 hingga 135 mm cocok untuk lensa 55 mm – jadi pilih yang ukurannya lebih panjang dan lebar, seperti telah disebutkan tadi.

Bentuk

Bentuk hood menjadi penting jika menyangkut cara cahaya mengenai lensa. Bentuk yang berbeda memungkinkan shading yang berbeda tergantung pada tingkat terangnya sinar matahari. Tabel berikut bisa membantu menentukan lens hood seperti apa yang dibutuhkan seorang fotografer. Ada dua bentuk dasar: tulip (yang juga disebut bentuk bunga), dan bundar.

Bentuk Bunga & Tulip Bentuk Bundar
Jenis Lensa Lensa wide angle dan telephoto Lensa telephoto
Situasi Pemotretan Hampir segala situasi Cuaca panas dan matahari terik
Seberapa Bagus Untuk Menangkal Cahaya Karena celah diantara bentuk “mahkota bunga”-nya, maka ia bisa membiarkan sedikit cahaya tetap masuk. Memungkinkan lebih sedikit cahaya bisa masuk, tapi bisa menyebabkan vignette jika digunakan pada lensa wide angle

 

Kamu perlu menentukan pada situasi apa hood akan digunakan dan seberapa terang cahaya yang ada untuk memilih akan menggunakan bentuk hood yang mana.

Keuntungan Dan Kekurangan Lens Hood

Seperti juga lens cap, keuntungan menggunakan lens hood jauh lebih banyak dibanding kekurangannya. Penting untuk memahami dua hal ini sebelum memutuskan membeli lens hood.

Keuntungan

  • Mencegah terjadinya lens flare: Lens hood bisa menaungi lensa dari sinar matahari untuk mencegah foto tampak buram atau berkabut.
  • Melindungi lensa: Seperti lens cap, hood juga bisa memberikan perlindungan untuk lensa kamera. Ia menambah ruang antara kaca dengan lingkungan luar sehingga bisa melindunginya saat terjatuh, dari debu dan kotoran, juga goresan. Hood bisa menambah perlindungan sehingga kamu tidak perlu terus menerus memasang dan melepas lens cap.
  • Bisa membuat seorang fotografer kelihatan profesional: Lens hood membuat orang yang menggunakannya tampak seperti fotografer yang benar-benar paham apa yang dia kerjakan. Jadi, kalau kamu melakukan fotografi sebagai profesi, lens hood adalah aksesori yang tepat untuk memberikan kesan yang baik.

Kekurangan

  • Vignetting: Satu hal yang sulit tentang lens hood adalah ukurannya harus pas dengan lensa. Jika hood tidak cocok ukurannya, maka akan menyebabkan vignette atau efek bayangan di pinggiran foto.
  • Flash: Jika kamu menggunakan flash, cahayanya bisa mengenai hood dan menyebabkan foto jadi buram.
  • Menghabiskan ruang: Lens hood cenderung memakan sedikit lebih banyak tempat di dalam tas kamera.

Mana Yang Lebih Penting? Lens Cap atau Lens Hood?

Tentunya ada keuntungan dan kekurangan dari menggunakan lens cap dan lens hood secara bersamaan. Intinya, lens cap berguna jika kamera tidak sedang digunakan atau akan disimpan untuk beberapa waktu. Tapi lens hood, kebalikannya, berguna saat kamera sedang digunakan. Meskipun keduanya punya manfaat yang berbeda, tapi keduanya baik untuk seorang fotografer untuk melindungi lensa. Lens cap menambah perlindungan saat kamera tidak digunakan sementara lens hood menambah perlindungan dan juga memberikan kualitas foto yang lebih baik saat kamera sedang dipakai.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus