The Self-Portrait Project, Photo Booth Dengan Misi Besar

Sejak seni lukis ditemukan, para artis sudah mulai membuat lukisan diri mereka sendiri atau yang juga kita kenal dengan self-portrait. Semakin berkembang teknologi, semakin mudah orang membuat self-portrait. Apalagi di dunia digital sekarang ini. Andy Lin dari New York, seorang fotografer yang juga pemburu profesional, membawa seni ini ke tingkat lebih tinggi lewat proyek besarnya yang disebut The Self-Portrait Project. Kamu pasti pernah membuat foto di photo booth (atau photo box) kan? Nah, Andy Lin membangun sebuah ruangan mirip photo booth tapi dengan pengaturan yang jauh lebih serius sehingga foto-foto yang dihasilkannya sangat indah. Pengarsipan dan editing dilakukan Andy sendiri menggunakan FileMaker dan Adobe Lightroom.

Andy Lin – White Hot Magazine

 

 

Photo booth a la Andy Lin ini menggunakan cermin dua arah dimana kamera diletakkan di belakang bagian yang transparan dan bagian cermin menghadap objek. Mereka kemudian diberi remote trigger (remote control untuk shutter button) dan layar untuk melihat hasil foto. Hingga mereka mendapat hasil yang dianggap paling bagus untuk disimpan dan dilihat oleh publik. Setiap kali, Andy memindahkan booth ini ke beberapa tempat di sekeliling New York untuk mendapatkan misi “Zeitgeist” yang dibawanya. Yaitu jiwa dari suatu waktu atau masa, yang berarti ingin merekam gaya pada suatu rentang dalam sejarah. Tentu, New York adalah tempat yang pas untuk itu.

set-up “photo booth” self portrait project

Karena self-portrait berarti orang yang bekerja di depan dan belakang kamera adalah orang yang sama, maka hasilnya sangat personal. Setiap foto yang dihasilkan The Self-Portrait Project sangat berkarakter dan beragam dalam mood dan energi. Andy menyebutkan dalam about di situsnya bahwa proyek ini dimulai dengan metafora yang mengatakan: “Untuk mempercepat penyembuhan dunia dari ketidakberubahan, seseorang harus – pertama-tama – melihat dirinya sendiri di cermin dengan jujur lalu bertanggung jawab atas apa yang ia lihat di dalamnya.”

sebagian kolase dari proyek Andy Lin

Saya adalah seorang penggemar portrait pada umumnya dan self-portrait khususnya. Menikmati foto-foto yang ada di website selfportraitproject.com adalah hal yang sangat menyenangkan. Mungkin seseorang di Indonesia mau membuat proyek serupa juga?

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus