5 Alasan Kamu Perlu External Flash

flashgun3

Pencahayaan adalah hal yang sangat penting dalam fotografi, dan akan ada saatnya kamu membutuhkan sumber cahaya tambahan. Masalahnya, pop-up flash (atau flash yang tersedia di kamera) hanya mampu memberikan pencahayaan yang sangat terbatas. Tidak menawarkan banyak ruang untuk mengembangkan kreativitas. Ini adalah saat dimana external flash mulai dibutuhkan.

Berikut lima alasan kenapa kamu perlu memanfaatkan flash tambahan untuk bisa mengembangkan kemampuan fotografi lebih jauh:

1. Lampu Flash Bisa Menghadap Ke Banyak Arah

Salah satu masalah built-in flash adalah ketidakmampuannya untuk memancarkan cahaya ke arah selain ke depannya. Bukan hanya jenis flash semacam ini bisa merusak cahaya di sekeliling objek tapi juga memancarkan kebanyakan cahaya hanya ke satu bagian dari foto (ke tengah) yang akan membuat objek jadi terlalu terang sementara sekelilingnya sangat gelap.

Dengan flash tambahan yang bagian lampunya bisa diputar dan dimiringkan, kamu bisa menghindari atau memperbaiki kekurangan built-in flash. Karena lampu flash bisa diatur posisinya (ke atas, ke bawah, kiri, kanan, dan seterusnya) kamu bisa memantulkan cahaya untuk menyebarkannya sehingga tidak akan terlalu keras saat mencapai objek. Kamu bisa menggunakan permukaan apapun di sekelilingmu untuk memantulkannya; dinding, langit-langit, sebuah reflektor, dan sebagainya.

Jika untuk alasan tertentu kamu tidak punya permukaan apapun untuk memantulkan cahaya (misalnya, dinding terlalu jauh, langit-langit terlalu tinggi) kamu bisa mengatur sudut lampu flash dengan kemiringan beragam (45, 60, 75 derajat…) sehingga kebanyakan cahaya dari lampu tidak akan langsung mengenai objek. Ini juga tidak akan membuat objekmu merasa silau.

2. Kekuatannya Bisa Dikontrol

Kekuatan pop-up flash sepenuhnya dikontrol oleh kamera. Jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk untuk menerangi objek secara otomatis dihitung oleh kamera berdasarkan informasi yang didapatnya. Tugasmu hanyalah mengatur frame dan menekan tombol shutter. Satu-satunya cara kamu bisa ikut campur adalah melalui pengaturan exposure compensation, itupun jika tersedia di kameramu.

External flash bisa digunakan dengan mode otomatis seperti built-in tapi juga punya mode manual. Saat kamu menggunakan mode manual, kamu akan punya kontrol atas kekuatan flash. Kamu yang menentukan dan flash tinggal melaksanakan perintah. Kalau kamu merasa cahayanya kurang, kamu bisa menambah kekuatannya atau menguranginya jika terlalu terang.

3. Mudah Diatur

Sejauh ini kita sudah membahas tentang flash yang bisa dipasang di kamera (melalui hotshoe) tapi juga bisa dilepas. Kebanyakan flash unit sekarang bisa dipicu tanpa harus dipasang di kamera dengan menggunakan transmitter. Keleluasaan ini akan memberimu kemungkinan baru dan bisa meningkatkan kreativitasmu di bidang fotografi. Beberapa body kamera sudah punya built-in transmitter sehingga bisa mengontrol external flash dari jarak jauh tanpa harus menggunakan alat tambahan.

Jadi, kamu bisa meletakkan flash tambahan ini dimanapun; di belakang objek, di bawah, samping, dan seterusnya. Kamu bisa mengkombinasikan keleluasaan ini dengan bagian lampu yang bisa diatur serta kekuatan cahaya yang bisa diatur dan bayangkan kemungkinannya untuk kreativitasmu.

4. Tersedia Dalam Banyak Ukuran

flashgun1

Ketika kamu menggunakan alat tambahan dalam fotografi, kamu harus mempertimbangkan berat dan ukurannya. Dengan external flash, kamu akan punya banyak pilihan sesuai kebutuhanmu. Ada banyak ukuran dan berat dan ini tergantung pada fitur yang dimilikinya. Terserah padamu untuk memilih mana yang cocok.

Kamu juga bisa mempertimbangkan produsen pihak ketiga yang menawarkan produk ini dengan harga lebih rendah tapi punya fitur dan kerja yang bagus. Menemukan flash yang kompatibel dengan kameramu tidak akan sulit seharusnya.

5. Bisa Ditambah Dengan Aksesori Lainnya

flashgun2

Terakhir, kamu bisa menggunakan banyak aksesori bersamaan dengan flash unit ini. Kebanyakan fungsinya adalah melembutkan dan menyebarkan cahaya yang sampai ke objek. Ada banyak sekali akesori pencahayaan di luar sana tapi yang paling populer adalah diffuser. Ini adalah sebuah alat kecil dari plastik yang kamu pasang di bagian lampu flash dan akan menyebarkan cahaya sehingga tidak akan merusak kualitas cahaya yang ada di sekeliling objek.

Baca juga panduan belajar fotografi dengan pencahayaan strobe di sini.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus