10 Inspirasi Fotografi Di Musim Kemarau

kemarau

Musim kemarau sudah datang. Cahaya matahari pagi dan sore tampak indah, langit biru tampak cantik, serangga-serangga bermunculan dan bersuara, orang-orang pergi berlibur. Ini adalah musim yang menyenangkan untuk lebih banyak memotret karena cuaca dan pencahayaan yang sangat mendukung. Kalau kamu masih belum punya ide apa saja yang mungkin bisa difoto di awal kemarau yang sekaligus juga adalah musim liburan ini, mari kita lihat sepuluh inspirasi berikut:

1. Action Shot

Ketika cuaca sedang bagus dan hari cerah, orang-orang – terutama anak-anak – suka beraktivitas di luar rumah. Berenang, bermain sepeda, jalan-jalan di taman dan banyak lagi. Ini berarti kamu punya banyak kesempatan untuk membuat action shot atau foto-foto quick exposure yang menghentikan gerakan. Biasanya banyak komunitas sepeda, skate board, dan semacamnya yang berlatih di sore hari dan bisa kamu manfaatkan untuk objek fotografi.

2. Sun Flare

Tentu saja. Kemarau identik dengan matahari, dan matahari akan memberi kamu cahaya yang berlimpah. Manfaatkan untuk membuat foto-foto dengan elemen sun flare yang hangat dan artistik di pagi atau sore hari ketika matahari sedang bulat, kuning, dan posisinya rendah sehingga membuat fotomu cenderung lembut dan bukannya diterangi sinar keras. Baca juga artikel tentang tips memotret sun flare di sini.

3. Cahaya Natural

Cahaya terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk sebuah foto adalah cahaya natural yang datang dari matahari. Jadi, sama seperti poin di atas, manfaatkan berlimpahnya cahaya di musim kemarau ini untuk foto-fotomu. Tidak seperti sun flare, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk lighting sepanjang hari untuk mendapatkan foto yang bagus kalau kamu tahu tips-nya. Baca di sini.

4. Liburan

Udara yang panas dan cuaca cerah cenderung membuat orang ingin pergi berlibur. Apalagi awal kemarau ini bertepatan dengan libur sekolah. Orang-orang pergi ke gunung untuk mencari kesejukan, atau malah ke pantai untuk menikmati matahari. Seorang fotografer bisa pergi kemana saja dan tetap mendapat foto yang bagus dari perjalanan liburannya. Tips tentang membuat foto-foto traveling yang bagus, bisa kamu baca juga di sini.

5. Langit & Awan

Saat peralihan musim dari hujan ke kemarau, kamu mungkin memperhatikan bahwa awan cenderung berarak, bergerombol di tepian langit dan membuat pola-pola yang indah. Sekarang, ketika kemarau sudah tiba, langit cenderung biru bersih atau disaputi awan lembut. Ini adalah kesempatan untuk menggunakan langit sebagai latar belakang yang indah atau memotret landscape yang jernih. Kamu bisa mencoba low angle untuk memanfaatkan langit kemarau sebagai background.

6. Food Photography

Ada beberapa jenis makanan yang lebih banyak muncul ketika udara sedang panas. Di Indonesia, itu adalah es. Berbagai jenis es. Mulai dari es campur, es teler, palu butung, atau sekedar es krim yang bisa kamu beli di warung. Memanfaatkan cahaya natural dan pilihan es ini, kamu bisa mendapatkan food photography a la kemarau yang menggiurkan.

7. Macro

Serangga dan bunga-bunga akan bermunculan dengan warna yang berbeda bila dilihat di musim kemarau. Salah satu cara terbaik dan paling disukai untuk memotret dua objek ini adalah dengan teknik macro. Kamu juga bisa coba, jangan kuatir kalau belum punya lensa macro, close-up dengan lensa zoom atau trik reversed lens bisa membantumu mendapatkan foto yang tidak kalah bagusnya dengan yang menggunakan lensa macro dedicated.

8. Jurnal

Berhubungan dengan poin tujuh di atas, kemarau adalah saat yang tepat untuk mencoba bertanam. Cobalah menanam bunga, lalu simpan jurnalnya melalui media foto dengan merekam proses pertumbuhannya setiap hari. Di akhir siklusnya, kamu akan punya serangkaian foto yang bisa kamu jadikan photo essay.

9. Gelembung Sabun

Tahukah kamu, cahaya matahari dan gelembung sabun bisa menghasilkan efek pelangi yang indah? Kalau belum, cobalah sendiri. Ini adalah musim yang tepat untuk mendapatkan warna yang bagus dari gelembung sabun. Kamu juga tidak perlu pergi jauh, cukup di halaman rumah.

10.Air

Udara panas pasti membuat kamu dekat dengan air. Kenapa tidak sekalian dimanfaatkan untuk objek fotografi juga? Quick exposure untuk mendapatkan butiran-butiran air saat water splash, atau long exposure untuk aliran air sungai dan air terjun yang lembut seperti sutra. Cobalah keduanya dengan memasangkannya dengan cahaya matahari yang bagus sepanjang musim ini.

Jadi, selamat menikmati kemarau dan memotret :)

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus