Pentingnya Garis Cakrawala Dalam Foto Landscape

FML

Horizon, atau garis cakrawala, seringkali menjadi elemen penting dalam sebuah foto landscape yang – meskipun hanya berupa sebuah garis – menentukan berhasil atau tidaknya foto landscape. Lalu apa tips meletakkan garis ini dalam komposisi sebuah frame?

Pertama, kamu butuh peralatan yang tepat. Gunakan tripod – kamu perlu menyesuaikan ketinggian yang kamu perlukan atau miringkan kameramu dan untuk ini, tripod akan membuatnya lebih mudah dilakukan. Tripod juga bisa memastikan garis cakrawala dalam fotomu lurus dan bisa membantu tanganmu lebih rileks sehingga kamu punya waktu untuk lebih memikirkan komposisi dalam frame.

Dimana Harus Meletakkan Garis Cakrawala?
Adalah penting untuk tidak membiarkan horizon ‘memotong’ foto di bagian tengah frame. Jika langit tampak lebih menarik, geser ke bawah dan jika daratan yang harus mendapat perhatian lebih maka geser ke atas. Dengan demikian, orang akan tahu dimana fokus yang dimaksud. Tentu saja ada saatnya peraturan ini perlu untuk dilanggar, seperti saat fotomu memasukkan unsur refleksi – maka meletakkan horizon tepat di tengah bisa jadi komposisi yang menguatkan.

Kalau kamu sedang di pantai dan memotret laut beserta langit yang dihiasi awan-awan cantik atau matahari terbenam, rendahkan garis cakrawala sehingga langit akan mengisi lebih banyak porsi dalam frame. Tapi kalau kamu ingin memasukkan beberapa hal menarik di bagian depan atau menciptakan kesan jauh dalam fotomu, maka naikkan cakrawalanya. Ingatlah untuk menggunakan bukaan aperture kecil sehingga fokus merata di seluruh bagian foto.

Bagaimana Menyesuaikan Posisi Horizon
Kamu bisa memiringkan kamera, menggerakkan posisinya lebih tinggi atau lebih rendah atau memotret dengan sudut normal dan memotong fotonya kemudian saat post processing. Kalau ada banyak bentuk vertikal seperti pepohonan atau gedung tinggi dalam fotomu, maka memiringkan kamera bisa menyebabkan masalah perspektif. Tapi, kalau kamu ada di pantai tanpa gedung maka trik ini bisa berhasil.

Untuk memberi kameramu lebih banyak atau sedikit ketinggian, aturlah kaki tripod-mu. Pastikan kuncinya sudah terpasang dengan benar sebelum kamu mulai memotret karena kamu tentu tidak mau kameramu merosot saat sedang mengatur komposisi. Kalau kamu butuh lebih tinggi, kamu bisa mengatur tiang di bagian tengah setelah mengatur kaki tripod karena kaki bisa memberikan dasar yang stabil untuk bagian atas.

Pastikan Tetap Lurus
Kamu tentu tidak mau foto landscape-mu tampak menghilang di bagian sisi frame, jadi pastikan untuk memeriksa dua kali bagian horizon dan pastikan lurus sebelum mulai memotret. Kebanyakan tripod punya air raksa yang bisa membantumu memastikan posisi tripod dan kamera lurus. Kalau kamu baru menyadari garis cakrawalamu miring setelah melihat foto di komputer, jangan kuatir. Kamu bisa ‘meluruskannya’ di editor tapi dengan konsekuensi ada pixel yang harus terpotong.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus