Fotografi Sepia dan Nostalgia

sepia

Ketika memikirkan fotografi monochrome, biasanya yang terpikir adalah foto hitam & putih, padahal ada pilihan lain yang tidak kalah populernya; fotografi sepia. Jika foto hitam & putih mengeksplorasi grayscale, maka sepia ada di area coklat. Jika grayscale membawa kita pada perasaan klasik, kuat, berkarakter, maka sepia menawarkan perasaan yang lebih hangat dan lembut serta memberi sentuhan nostalgia seperti pada foto-foto dari abad ke-19.

Dulu, ketika belum ada kamera digital, pewarnaan sepia ini dilakukan di kamar gelap pada foto yang aslinya hitam & putih dengan menggunakan cairan kimia khusus. Prosesnya panjang dan aroma cairan kimianya cukup tajam. Tapi sekarang, semua orang bisa membuat foto sepia dengan mudah dan praktis lewat ‘kamar gelap digital’ yang adalah image editor. Bahkan kamera modern sudah bisa memasang filter sepia ini saat pemotretan berlangsung, sehingga fotografer bisa langsung melihat apakah foto yang diambilnya cocok menggunakan warna sepia atau tidak.

Meskipun sepia, seperti juga fotografi hitam & putih, sangat universal – tapi tidak semua foto bisa dirubah dengan aman ke area coklat ini. Beberapa landscape seperti pemandangan saat sunset misalnya, bagus bila menggunakan filter sepia. Kebanyakan still life dan arsitektur juga cocok menggunakan warna ini. Portrait adalah yang paling umum menggunakan pewarnaan sepia, tapi tidak lazim untuk food photography. Jadi saat kamu mencoba menggunakan warna ini pada foto, selera dan sisi artistik akan berperan banyak.

Sama seperti fotografi hitam & putih, sepia bisa sangat fleksibel dalam editing. Ketika kamu membuat foto jenis ini dalam kamera, kamu masih bisa menyesuaikan lagi kontras, brightness, dan olahan digital lanjut lainnya. Ini bisa dengan mudah kamu lakukan melalui editor sejenis Photoshop dan Pixlr. Jika kamu menggunakan teknik pewarnaan ini dengan tepat, maka kamu akan punya foto yang abadi dan tidak ‘berusia’. Selalu indah dinikmati sekarang dan nanti, bahkan bisa disandingkan dengan foto jaman dulu milik kakek dan nenekmu. Foto-foto sepia yang elegan selalu bagus untuk penghias dinding atau mengisi bingkai klasik.

Rose in Sepia

Rose in Sepia – Isuffy

Sepia toned Glasgow

Sepia-Toned Glasgow – Hugh Spicer

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus