Konstruktor, Kamera SLR Yang Bisa Kamu Rakit Sendiri

konstruktor1

Para pencinta fotografi analog sekarang bisa mengeksplorasi gairah fotografi mereka ke tingkat lanjut dengan merakit sendiri kamera SLR 35mm mereka. Benar, Lomography menawarkan sebuah produk baru bernama Konstruktor, sebuah kamera analog yang bisa dibuat sendiri dari dasar, sehingga seorang fotografer bisa lebih memahami bagaimana kamera mereka bekerja. Tidak dibutuhkan proses yang lama untuk merakit SLR ini, hanya sekitar 1-2 jam dan dipastikan bisa berfungsi.

Tujuan dibuatnya Konstruktor ini adalah untuk mengajak para fotografer kembali ke dasar dan menghargai bagaimana foto mereka dibuat di dalam sebuah kamera. Bagaimana cara kerja dan prosesnya. Sehingga Konstruktor ini akhirnya akan lebih dari sekedar kamera, tapi juga ‘rekan’ dalam perjalanan fotografi seorang lomographer.

konstruktor2

Meskipun kelihatan seperti mainan (seperti umumnya kamera plastik dari Lomography), tapi SLR ini benar-benar bisa digunakan dan hasil fotonya pun tajam dan bagus seperti umumnya hasil dari kamera SLR lain. Konstruktor adalah kamera SLR pertama dari Lomography yang juga dilengkapi ring fokus pada lensa dan pembesar pada viewfinder untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik. Tambahan unik dari SLR ini adalah stiker untuk dekorasi kamera yang bisa dibongkar-pasang sesuai mood dan seleramu. Viewfindernya pun unik karena ‘diintip’ dari atas, seperti kamera analog kuno.

Konstruktor dilengkapi dengan mode ‘N’ dan ‘B’ untuk exposure biasa dan long; dan untuk ini disediakan ulir untuk memasang tripod untuk menjaga kamera tetap stabil selama long exposure. SLR analog ini juga punya shutter release untuk menghasilkan foto-foto dengan multiple exposure.

konstruktor3

Spesifikasi teknis Konstruktor adalah sebagai berikut:
– Film 35mm
– Lensa yang bisa dilepas, ukuran 50mm f/10
– Shutter speed: 1/80s dengan multiple exposure
– Jarak fokus: 0,5m – Infinity
– Dimensi: 121 x 33 x 65mm

SLR plastik yang cantik ini bisa kamu dapatkan di toko online Lomography seharga US$35,00 dan kamu bisa kunjungi microsite-nya untuk melihat-lihat bagaimana cara kerja kamera ini berikut instruksi pemasangan film dan pemotretan serta galeri foto dari beberapa Konstruktors.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus