flickr Yang Baru, Plus Dan Minusnya

Bagi pengguna lama flickr, tampilan dan layanan baru yang disediakan oleh situs galeri dan berbagi foto ini tentu sudah mulai dinikmati. Sebelumnya, flickr hanya menyediakan ruang untuk 200 foto bagi member yang tidak berbayar dan storage tanpa batas untuk yang berbayar. Tapi sejak sebulan lalu, flickr telah berbaik hati dan memberikan GRATIS kapasitas satu terabyte untuk semua pengguna. Tidak perlu lagi upgrade ke pro. Bayangkan. Satu tera! Jika ukuran rata-rata satu file adalah 1MB, maka dalam satu akun gratis bisa ditampung sekitar 1 milyar foto! Wow! Dan jangan pikir tampilan fotomu akan terkompres seperti pada jejaring sosial umumnya, karena flickr menjamin tampilan resolusi penuh yang jernih, bersih, dan patut dijadikan galeri online oleh semua fotografer, baik yang profesional maupun pemula.

flickr

Tapi, saya yang sudah lumayan lama menggunakan flickr, merasakan sedikit ketidaknyamanan dalam hal penampilannya. Pada flickr lama, ketika homepage terbuka, akan ada notification aktivitas yang dilakukan sejak terakhir kali log in. Foto-foto yang diberi komentar akan muncul sebagai thumbnail, lalu di bagian bawah akan tampil foto-foto yang baru diupload oleh kontak. Dulu, hompage ini bisa dengan cepat diakses dan terbuka penuh. Sekarang, seluruh bagian laman ini diisi dengan foto-foto ukuran besar yang padat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa dibuka dan dilihat. Untuk mereka yang tidak punya koneksi internet yang bagus, ini tentu menjadi masalah. Belum lagi saat ingin menikmati galeri orang lain dan meninggalkan komentar, resolusi foto penuhnya lumayan menyiksa kalau sedang tidak ada Wi-Fi. Selebihnya, saya masih menikmati fleksibilitas flickr untuk organisasi dalam jumlah besar, pengaturan file yang cepat dan mudah, set yang rapi, juga lightbox yang sekarang sudah otomatis terbuka kalau foto di-klik.

Kalau kamu belum menggunakan flickr untuk menyimpan foto, mungkin sekarang saat yang tepat untuk mencobanya. Ini mungkin semacam one-stop-spot untuk fotografi. Ada galeri, forum, grup (yang genre-nya luar biasa banyak!), belum lagi kemudahan mendapatkan teman diskusi dan kontak untuk berbagi ilmu dan pengalaman dari seluruh dunia. Kamu bisa belajar banyak dengan menjadi member flickr dan mungkin sedikit terobsesi untuk mendapat predikat ‘explored’ yang adalah foto dengan view, favorit, dan komentar terbanyak setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa melihat-lihat bagian Creative Common yang membagikan banyak foto royalty-free untuk dinikmati publik dan disebarkan, baik itu foto-foto kuno bersejarah atau dari komunitas tertentu.

Apa lagi keunggulan flickr? Fotomu akan terlindungi dari pembajakan. Data EXIF terjaga, dan kamu bisa memilih apakah fotomu boleh di-share online dan didownload atau tidak. Kontrol atas setiap foto ada di tanganmu. Seandainya fotomu di-‘ambil’ orang lalu muncul di tempat lain di internet, kamu bisa selalu mengklaimnya dan mengembalikannya ke profile-mu di flickr. Fiturnya yang banyak dan kaya akan membuat kamu betah berlama-lama mengeksplorasi situs ini dan mendapat segudang inspirasi.

Diluar semua alasan persaingan bisnis tentang kenapa flickr begitu murah hati memberikan gratis 1 tera untuk semua, ini adalah saatnya kamu mulai mencoba layanannya.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus