Memilih Tas Kamera Untuk Perempuan Fotografer

Kemarin saya baru saja menonton acara TV-nya Arbain Rambey yang kebetulan membahas soal tas kamera untuk pekerja fotografi. Kebanyakan tasnya berbentuk ransel atau sling bag dengan warna-warna gelap dan khaki yang tampak khas tas kamera. Lalu saya jadi ingin membahas tentang tas kamera yang khusus untuk perempuan. Sekarang sudah banyak sekali fotografer perempuan pengguna dSLR, dan mungkin beberapa diantara mereka belum menemukan tas kamera yang pas. Saya sendiri suka tas kamera yang tidak tampak seperti tas kamera. Fashionable lah, istilahnya. Dan multifungsi, tentunya. Tidak seperti fotografer pria, fotografer perempuan membawa banyak barang lain di samping kamera dan lensa-nya. Seperti make-up kit, asesoris, dan keperluan pribadi lainnya. Akan sangat nyaman dan menyenangkan kalau tas kamera juga bisa berbentuk seperti tas biasa dan mampu menampung banyak barang di dalamnya selain kamera dan lensa.

Sebelum kita lihat beberapa model tas kamera untuk perempuan, kita lihat dulu syarat tas kamera yang baik.

Tidak Ada Ruang Yang Longgar. Tujuan utama dari tas kamera adalah melindungi peralatan, terutama mengamankannya dari benturan. Idealnya, setiap bagian peralatan fotografi punya ruangnya sendiri yang sekelilingnya dilengkapi lapisan empuk dan ukurannya pas dan ketat sehingga tidak bergeser atau berguncang saat dibawa-bawa.

Praktis. Tujuan lain dari tas kamera adalah mampu memberikan akses yang mudah dan cepat. Saat kamu membuka penutup tas, kamu bisa dengan mudah melihat semua peralatan dan mengambilnya dengan cepat.

Hindari Tumpahan. Jangan pernah meletakkan botol air minum, sunblock, atau cairan apapun di tempat yang mungkin bisa tumpah ke peralatan fotografimu. Panas, ketinggian, dan tekanan udara dalam kabin pesawat bisa membuat tempat cairan bocor. Ingatlah bahwa tas kamera bisa diletakkan tegak atau mendatar dalam perjalanan, jadi selalu simpan botol cairan di tempat yang tertutup rapat dan terpisah dari peralatan kameramu.

Tahan Air. Selain melindungi dari benturan, tas kamera juga harus tahan air. Biasanya tas kamera profesional punya pelindung semacam jas hujan yang bisa digunakan untuk menutup seluruh permukaan tas jika dibawa ketika sedang hujan. Atau bahan luar dan lapisan dalamnya punya penahan air. Kembali ke poin di atas, sangat berbahaya jika peralatanmu sampai basah. Jadi pikirkan ini baik-baik saat kamu akan memilih tas kamera.

Sekarang, setelah memahami beberapa poin diatas, saatnya kita melihat beberapa model tas kamera untuk perempuan yang mungkin cocok untuk kamu.

taskamera2

Tas yang tampak seperti tote bag biasa ini punya ruang untuk dua body kamera dan empat lensa dengan partisi velcro yang bisa disesuaikan lebarnya dengan asesoris yang kamu masukkan ke dalam tas. Bahannya dari kulit dan dalamnya nilon lembut berbantalan. Penutupnya zipper biasa dan ada kantong di bagian luar untuk meletakkan keperluan lainnya. Tas ini cocok untuk membawa kamera ke acara-acara kumpul dengan teman, acara keluarga,  resepsi pernikahan dan semacamnya yang tidak membutuhkan perlindungan ekstra dari cuaca dan guncangan. Diutamakan untuk penampilan dan kepraktisan saja.

taskamera3

Yang satu ini cocok untuk dibawa bepergian atau untuk acara pemotretan yang lebih serius tapi kamu bisa tetap tampil stylish. Kompartemen-nya bisa menampung banyak peralatan, penutup tasnya lebih bisa diandalkan dan sling-nya yang dilengkapi kait besi juga kuat untuk membawa beban. Kantong-kantong di depan dan samping bisa dimanfaatkan untuk meletakkan keperluan non-fotografi lainnya tanpa kuatir mengganggu peralatan di bagian dalam. Tas kamera dari Classic 92 ini dijual dengan harga pasaran Rp.165.000,-

taskamera1

Tas kamera berbahan denim ini cantik tapi juga kuat. Aman, praktis, dan kompartemennya fit untuk lensa dan body kamera. Tersedia juga ruang untuk tablet dan kantong-kantong luar untuk menyimpan keperluan lain. Desainnya yang kasual cocok untuk dibawa berjalan-jalan tanpa kelihatan membawa-bawa kamera besar di dalamnya.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus