Menghindari Tumbuhnya Jamur Pada Lensa

Mungkin banyak yang belum pernah dengar tentang jamur lensa, tapi potensinya untuk muncul di lingkungan yang lembab seperti kebanyakan daerah di Indonesia cukup tinggi. Apa yang diakibatkan oleh jamur lensa adalah menyebabkan sebentuk embun akibat pertumbuhannya di bagian pipa setelah memakan partikel debu yang terperangkap disitu. Cara terbaik untuk menghindari tumpukan debu yang akhirnya menyebabkan jamur adalah dengan menjaga kamera dan lensa tetap bersih dan kering di dalam tas yang diberi kantung silica gel, yang akan menyerap kelembaban. Kamu juga perlu, secara teratur, membersihkan bagian luar lensa – kaca dan pipa lensa – untuk menghilangkan tumpukan debu dan minyak yang adalah makanan jamur.

lensa yang sudah mulai terinfeksi jamur

lensa yang sudah mulai terinfeksi jamur

1. Simpan di tempat kering

Hindari munculnya jamur lensa dengan selalu menyimpan peralatan fotografimu di tempat yang kering dan sejuk. Kalau kamu tinggal di daerah yang lembab, maka simpan peralatanmu di kotak kedap udara dengan tambahan beberapa kantong silica gel (bisa dibeli di toko kamera atau supermarket). Ingatlah untuk mengganti kantong silica ini secara berkala karena setelah beberapa waktu ia akan penuh dengan air dan tidak efektif lagi. Cara penyimpanan ini seharusnya sudah aman untuk kebersihan kamera dan lensa. Ingatlah bahwa peralatan fotografimu harus sudah benar-benar kering sebelum dimasukkan ke kotak kedap udara. Jamur bisa tumbuh di lensa kurang dari seminggu kalau disimpan di tempat yang gelap, lembab, dan hangat. Jadi ingatlah untuk menghindari tempat semacam itu.

silica gel untuk dimasukkan ke tas kamera atau kotak penyimpanan

silica gel untuk dimasukkan ke tas kamera atau kotak penyimpanan

2. Bawalah kantong plastik

Kalau kamu memotret di luar ruangan ketika sedang hujan, kemungkinannya kamera dan lensamu akan basah. Hal pertama yang harus diingat sebelum keluar rumah di hari hujan, bungkuslah kameramu dengan kantong plastik untuk menghindari masuknya air ke sela-sela kamera. Kalau kamu lupa melakukan ini, berarti ketika sudah kembali ke rumah, kamu harus mengeringkan peralatanmu sepenuhnya sebelum menyimpan. Peringatan penyimpanan terakhir; hindari menyimpan kameramu di kantong berbahan kulit karena jamur bisa dengan mudah tumbuh di bahan seperti ini dan bisa merusak kamera.

3. Membersihkan jamur dari lensa

Kalau kameramu ternyata sudah terinfeksi jamur, kamu harus gerak cepat karena beberapa jenis jamur mengandung asam yang akan memakan lapisan pengaman lensa dan bahkan merusak kaca dan lensa seluruhnya. Untungnya, jamur jenis ini termasuk langka. Ada beberapa campuran yang bisa kamu buat untuk membersihkan jamur. Cuka dan pemutih (bleach) bisa menghilangkan jamur. Pastikan kamu tidak menunda membersihkan atau kamu harus membawa lensamu ke ahlinya untuk dibongkar dan dibersihkan, dan ini tidak murah. Jika lensa harus dilapis ulang, maka ini akan lebih mahal lagi.

4. Kesimpulannya

Kameramu adalah investasi berharga, dan perawatan yang teratur dan benar untuk body kamera dan lensa juga peralatan lainnya akan memastikan investasimu ini bisa bertahan sampai puluhan tahun. Jangan malas, karena tidak ada yang lebih membuat frustrasi dibandingkan kehilangan satu moment hanya karena kamera tidak berfungsi atau rusak. Perlakukan kamera dan peralatan fotografimu dengan hati-hati dan hormat, maka mereka akan melayanimu sampai bertahun-tahun lamanya untuk mengabadikan banyak kejadian dan kenangan yang indah.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus