Foto Dengan Format Kotak

Saya bukan pengguna Instagram, tapi suka foto-foto dengan format kotak. Di flickr, saya selalu menikmati foto-foto dari Cuba Gallery yang seluruh formatnya kotak, dan ini membuat saya berpikir bagaimana mereka bisa membuat semua jenis foto masuk sempurna ke dalam format ini, bahkan landscape.

Dulu, di era kamera Rolleiflex dan Hasselblad, film dengan format kotak ini sangat umum digunakan fotografer. Pengguna Polaroid pun pasti akrab dengan foto kotak. Lalu, pertanyaannya, bagaimana ‘memotong’ foto dengan tepat untuk format ini? Kebanyakan dari kita menggunakan ukuran 4:3, yang berarti harus ada bagian yang dibuang. Orang yang tidak terbiasa menggunakan format kotak tidak akan tahu bahwa ukuran 1:1 adalah keterbatasan. Bahkan fotografer jaman dulu yang menggunakan Rolleiflex sering memotong foto mereka ke rasio landscape untuk keluar dari batasan kotak ini.

square

Magic Kingdom in your dreams

©vikkiq

04/01/13

©Anto Retouche

Ada beberapa elemen komposisi yang biasanya cocok untuk format kotak:

Simetri – Objek yang simetris biasanya dipotong kotak dengan titik pusat di tengah frame. Tapi objek yang asimetris juga bisa jadi menarik dalam format ini selama kamu memperhatikan komposisinya. Prinsip umum semacam rule-of-thirds dan perspektif seringkali digunakan dan bisa jadi sangat efektif.

Diagonal – Karena format kotak adalah netral dan tidak membuat mata melihat dari kiri ke kanan atau atas ke bawah, maka memasukkan unsur diagonal akan memungkinkan mata untuk diarahkan ke arah mana yang kamu inginkan.

Abstrak dan minimalis – Ada sesuatu tentang foto yang minimalis dan potongan kotak. Garis dan bentuk yang bersih dan sederhana dari komposisi minimalis akan bekerja sama dengan baik bila dimasukkan dalam format kotak. Demikian juga dengan foto abstrak yang biasanya menonjolkan warna dan bentuk yang tidak pasti.

Tidak ada peraturan yang pasti tentang kapan format kotak ini lebih baik dibandingkan persegi panjang yang konvensional. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah sebuah foto akan kelihatan lebih baik bila dipotong kotak adalah dengan memanfaatkan image editor atau beberapa aplikasi yang disediakan smartphone untuk keperluan ini.

Coba juga untuk melihat-lihat koleksi foto 1:1 dari fotografer lain untuk mendapatkan ide dan inspirasi tentang seperti apa komposisi yang bagus untuk format persegi empat ini.

Penulis : allophelia

sudah menulis 225 post di blog ini.

seorang photography enthusiast yang juga senang menulis dan membuat self-portrait. tulisan-tulisannya bisa dibaca di sini & galeri fotonya ada di sini :)

comments powered by Disqus